Selasa, 09 April 2013

MANFAAT MANDI




Anak-anak kecil mandi parit

KHASIAT & MANFAAT MANDI BAGI KESEHATAN

Mandi merupakan suatu kegiatan yang terkesan sepele tapi masih banyak sebagian orang bermalas-malasan untuk mandi terutama mandi pagi. Sebagian orang merasa malas mandi pagi dengan alasan dingin, masih ngantuk dan lain sebagainya. Tapi tahukah anda ternyata banyak manfaat yang bisa di dapat dengan melakukan mandi, baik dengan air dingin ataupun air hangat. Berikut ini akan di bahas tentang khasiat  & manfaat yang di peroleh jika kita rutin dan melaksanakan mandi.

Khasiat  & Manfaat Mandi Dengan Air Dingin:
a.  Mandi saat pagi atau subuh akan membuat badan terasa sehat dan membuat awet muda.  Menurut penelitian, makin pagi air yang kita gunakan maka kandungan O3 yang terkandung didalamnya adalah lebih  besar, dan O3 ini mengandung khasiat yang menakjubkan bagi tubuh, dan air yang dingin itu banyak mengandung partikel Alfa yang dapat membuat tubuh lebih bugar.

b. Gas O3 diudara sangat banyak di waktu fajar, dan berkurang perlahan sampai matahari terbenamnya matahari. Gas O3 mempunyai pengaruh positif positif pada urat saraf.

c.  Mandi dengan air dingin dapat membantu meningkatkan metabolisme, mencegah cedera otot pasca latihan dan mengatur kadar asam urat dalam tubuh Anda. 

d. Setelah anda melakukan aktivitas fisik, otot-otot akan meradang dan anda butuh waktu untuk membuat otot-otot Anda menjadi rileks. Untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, serat pada otot Anda akan membesar dan mengerut. Oleh karena itu, untuk mencegah serat otot pecah karena aktivitas fisik yang berlebihan, mandilah dengan air dingin.

e.  Mandi air dingin dapat mengurangi nyeri kronis, mengurangi nyeri tubuh, 
   meningkatkan kesehatan rambut, fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan mengatur sistem saraf otonomik.

f.  Mandi air dingin dapat membantu melawan kelelahan, jika anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa memembuat tidur menjadi lebih nyenyak. Manfaat lainya adalah:

g.  Mandi air dingin dapat meningkatkan kesuburan pada pria, mengurangi lemak tubuh,  Kulit akan semakin baik, Menurunkan resiko darah tinggi, Meningkatkan sel darah putih, Memperbaiki kesehatan jaringan tubuh, Meredakan depresi, Membuat rambut lebih sehat.


 
a.  Mampuh mengangkat kelebihan minyak dan kotoran yang menempel di permukaan kulit.

b. Temperatur air hangat membuat pori-pori kulit terbuka sehingga penyerapan akan terjadi lebih efisien jika ingin mengoleskan krim perawatan atau obat-obatan untuk kulit.

c.  Bisa meredakan stres akibat beban berat dan pikiran yang suntuk setelah menjalani kesibukan sepanjang hari.

d. Peredaran darah akan menjadi lebih lancar, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menstabilkan pengaturan suhu tubuh sehingga tidak mudah masuk angin.

e. Ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dari air hangat. Tidak ada patokan tentang suhu air yang ideal untuk mandi, namun sebaiknya cukup terasa suam-suam di kuku saja. Jika terlalu panas, air mandi justru akan menyebabkan iritasi dan kulit kering yang pastinya terasa tidak nyaman. Berikut ini beberapa manfaat mandi dengan air suam-suam kuku.

Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak mandi karena mandi dengan air dingin ataupun dengan air hangat sama –sama memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Selamat mencoba dan semoga anda sehat slalu...........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar